Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Uang yang Harus Disiapkan untuk Pensiun di Usia 45 Tahun?

 

Menurut peraturan pemerintah nomor 45 tahun 2015, usia pensiun seseorang adalah 56 tahun. Usia pensiun akan bertambah 1 tahun setiap 3 tahun berikutnya hingga berusia 65 tahun. Artinya, tahun ini batas usia pensiun adalah 58 tahun.

Namun, kamu juga bisa pensiun dini. Meskipun itu berarti kamu tidak akan mendapatkan pesangon atau benefit pensiun secara utuh, tetapi kamu punya keleluasaan untuk menentukan timing hidupmu.

Kamu tak perlu menunggu hingga berusia 58 tahun. Kamu bisa pensiun dini di usia 45 tahun. Bagaimana caranya?

Cara Pensiun Dini di Usia 45 Tahun

Seperti yang sudah dijelaskan di tulisan-tulisan sebelumnya, dana pensiun adalah biaya hidupmu di masa tua nanti. Jadi, ketika akhirnya kamu pensiun, kamu bisa menjalani gaya hidup yang kamu inginkan. Tanpa membebani keluarga atau anak-anakmu.

Jumlah ideal dana pensiun berbeda-beda untuk setiap individu. Tergantung besaran penghasilan dan pengeluaran. Umumnya, jumlah dana pensiun yang ideal dihitung dari jumlah biaya hidup satu bulan dikali perkiraan umur selama hidup.

Jika target usia pensiun dini sudah ditentukan, yaitu 45 tahun, saatnya kamu melakukan perhitungan. Katakanlah usia harapan hidup orang Indonesia 71 tahun. Lalu, target usia pensiun kamu adalah 45 tahun. Berapa jumlah dana pensiun yang harus kamu siapkan?

- Usia sekarang: 21 tahun

- Target pensiun dini: 45 tahun

- Target hidup: 71 tahun

- Selisih waktu tanpa penghasilan: 26 tahun atau 312 bulan

- Biaya hidup per bulan: Rp2,5 juta

Perhitungan target dana pensiun yang harus disiapkan:

Rp2.500.000 x 312 = Rp780.000.000

Jadi, dana pensiun ideal yang harus kamu persiapkan adalah sebesar Rp780 juta

Melihat usia sekarang 21 tahun, berarti kamu punya waktu 24 tahun untuk menyiapkan uang pensiun. Angka tersebut memang cukup besar. Waktunya persiapannya pun lumayan singkat. Lalu, berapa jumlah uang yang harus disimpan untuk mencapai target?

- Waktu produktif: 24 tahun atau 288 bulan

- Target dana pensiun: Rp780 juta

Perhitungan perkiraan tabungan per bulan:

Rp780.000.000 : 288 (bulan) = 2.708.000

Maka, setiap bulan kamu harus menabung Rp2.708.000 untuk mencapai target dana pensiun yang ideal.

Persentase jumlah dana pensiun tersebut tidak bersifat mutlak. Tergantung bagaimana kemampuan keuanganmu. Biasanya, orang menyisihkan 10% dari total pendapatan bulanan untuk dana pensiun. Namun, kalau berniat untuk pensiun dini, kamu harus menyisihkan uang lebih besar.

Masa produktif kamu pun lebih pendek dari masa pensiun. Ditambah, sebagai anak muda yang kariernya masih dalam entry atau medium level, penghasilanmu mungkin tidak begitu besar.

Itulah mengapa kamu harus bekerja lebih keras dan tidak hanya mengandalkan satu sumber penghasilan. Cari sumber penghasilan lain dan atur keuangan dengan lebih disiplin. Jangan lupa, investasikan uangmu supaya bisa dapat keuntungan tambahan.

Admin
Admin Admin membership www.pikirankristen.com || follow us https://linktr.ee/pikirankristen

Posting Komentar untuk "Berapa Uang yang Harus Disiapkan untuk Pensiun di Usia 45 Tahun?"