Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyiapkan Biaya Liburan, Healing Gak Bikin Dompet Pening!

 

Menjelang akhir tahun, atau ketika tanggal merah menyapa, banyak orang telah merencanakan agenda liburan. Berlibur tentunya sangat bermanfaat jika kamu sedang jenuh dengan rutinitas sehari-sehari.

Liburan jadi sarana untuk mengembalikan pikiran dan tenaga agar kembali segar dan semangat. Dalam menyiapkan liburan, tentu perlu persiapan yang matang agar perjalanan bisa berjalan dengan lancar.

Mulai dari tujuan wisata, akomodasi, hingga biaya liburan agar sesuai bujet. Apa saja yang perlu disiapkan dalam menyusun biaya liburan?

1. Tentukan destinasi wisata

Menentukan destinasi wisata yang ingin kamu datangi sangat penting untuk menentukan berapa bujet yang diperlukan untuk liburan. Biaya wisata untuk tujuan luar kota di satu pulau tentu lebih murah daripada berbeda pulau.

Belum lagi kalau tujuan ke luar negeri, biaya liburan yang perlu disiapkan juga lebih banyak. Kalau hanya di dalam kota atau staycation, tentu lebih terjangkau.

2. Menyiapkan segala akomodasi

Setelah mengetahui destinasi wisata, selanjutnya adalah menyiapkan akomodasinya. Mulai dari transportasi, makan, hingga penginapan.

Bila jarak destinasi wisata tidak terlalu jauh, maka menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan bisa menjadi pilihan. Namun jika harus menyeberang pulau bahkan beda negara, maka pesawat jadi pilihan terbaik karena lebih cepat.

Kemudian yang tak kalah penting adalah menyiapkan penginapan agar kamu bisa beristirahat dengan nyaman saat liburan. Sesuaikan bujet, entah itu hotel berbintang, guest house, atau villa.

Jika sudah berkeluarga dan memiliki anak, pilih penginapan yang ramah anak, seperti memiliki kolam renang hingga area bermain. Agar mendapat harga hemat, kamu bisa melakukan reservasi dari jauh hari.

Kemudian siapkan juga biaya makan. Karena selama liburan, kamu tentu tidak mungkin untuk masak sendiri seperti di rumah, kan? Lebih baik sekalian berwisata kuliner khas tempat liburan tersebut.

3. Rencanakan segala aktivitas

Buatlah daftar lokasi yang ingin dituju atau rundown agar kamu bisa mendapatkan gambaran berapa dana yang perlu disiapkan.

Apakah ada lokasi wisata yang perlu membayar tiket masuk? Mau beli oleh-oleh apa nanti? Berapa harga tempat kuliner yang dituju?

Pikirkan juga apabila ingin mengunjungi ke lebih dari satu lokasi, sebisa mungkin jaraknya tidak berjauhan sehingga waktu tetap efisien karena bisa kamu datangi semua dalam satu hari.

Jangan lupa perhatikan apakah kamu berlibur di low season, high season, atau peak season. Jika di low season, tentu harga akomodasi cenderung lebih murah dan sepi, bujet yang disiapkan juga lebih hemat.

Namun jika kamu berlibur di high dan peak season, maka kamu harus bersiap menyiapkan kocek lebih dalam lagi, karena ramai orang berlibur juga.

4. Siapkan bujet khusus liburan

Setelah merencanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan liburan, kini waktunya kamu menetapkan berapa bujet yang perlu disiapkan.

Biaya liburan ini bisa menggunakan anggaran khusus jadi kamu perlu menyisihkannya, atau mengambil dari tabungan jika sudah ada uangnya.

Dengan memiliki bujet khusus liburan, maka kamu tidak perlu mengambil dari pos kebutuhan lain agar tidak tercampur dan mengganggu cashflow. Menyisihkan uangnya juga jadi lebih mudah.

5. Sisihkan uang dengan menabung

Setelah mendapatkan bujet angka yang sesuai, maka ini saatnya kamu menyisihkan uang khusus untuk biaya liburan.

Misalkan bujet liburanmu ternyata membutuhkan uang Rp5 juta untuk liburan selama 3 hari 2 malam, maka kamu perlu menabung Rp1 juta selama 5 bulan. Semakin banyak kamu menabung, bujet liburan juga makin cepat terkumpul.

Kamu bisa otomatis menyisihkan uang dari tabungan untuk biaya liburanmu dengan menggunakan Neo Wish.

Karena dengan Neo Wish, kamu bisa mengatur tenor sesuai kebutuhan, mulai dari 3 hari hingga 24 bulan. Bunga yang ditawarkan juga tinggi, yakni 6%.

Kamu juga bisa menentukan target tabungan dan kapan autodebet akan dilakukan. Tidak ada denda jika menarik uang simpanan sebelum tanggal tenor berakhir.

Setiap akun neobank dapat membuat 5 Neo Wish, lho. Jadi selain biaya liburan, kamu bisa mewujudkan mimpi dan wishlist-mu lainnya secara bersamaan. Yuk, wujudkan impian bersama Neo Wish!

Liburan pun juga harus disesuaikan dengan bujet. Jangan sampai memaksakan diri liburan hingga harus mengorbankan uang tabungan, bahkan sampai mengutang.

Dengan menyiapkan biaya liburan, kamu bisa healing tanpa perlu bikin dompet pening!

Admin
Admin Admin membership www.pikirankristen.com || follow us https://linktr.ee/pikirankristen

Posting Komentar untuk "Tips Menyiapkan Biaya Liburan, Healing Gak Bikin Dompet Pening!"