Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gara-Gara Rendang, Turis Ini Kena Denda Puluhan Juta

 

Membawa makanan saat dalam perjalanan ke luar kota memang sudah jadi hal yang umum. Tapi hati-hati kalau kamu pergi ke luar negeri. Kamu nggak bisa sembarangan membawa makanan dari Indonesia ke negara tujuan.

Jangan sampai kamu dideportasi dan kena denda puluhan juta karena bawa makanan yang dilarang. Seperti beberapa turis asal Indonesia yang dideportasi dan didenda akibat membawa rendang ke Australia. Wah!

Gara-Gara Rendang

Sebagai makanan khas Indonesia, rendang memang selalu jadi makanan yang diidamkan oleh masyarakat yang tinggal di luar negeri. Namun, nggak semua negara membebaskan kita untuk membawa makanan tersebut dari Indonesia.

Australia adalah salah satu negara yang sangat ketat jika berkaitan dengan makanan yang berasal dari luar teritorinya, khususnya yang berjenis daging. Belum lama ini, seorang turis asal Indonesia dideportasi dan kena denda sebesar lebih dari Rp40 juta hanya karena membawa rendang.

Setibanya di bandara Perth, Australia, ia ditahan oleh petugas. Ia dinilai melanggar aturan mengenai barang bawaan masuk ke Australia. Ternyata, ia membawa 6 kilogram daging mentah dan olahan. Di dalam tasnya, petugas menemukan 3,1 kilogram daging bebek, 1,4 daging rendang, 500 gram daging beku, dan 900 gram daging ayam.

Ia membawa semua daging tersebut untuk dijual kembali ke komunitas lokal di Australia. Naas, ia harus di deportasi.

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

Pemerintah Australia punya kekhawatiran cukup tinggi dengan penyakit mulut dan kuku. Hewan-hewan ternak Indonesia sendiri sempat mengalami penyakit tersebut. Itulah mengapa orang dari Indonesia atau luar negeri dilarang membawa makanan berupa daging masuk ke Australia. Daging dari luar dianggap masih membahayakan. Tidak sesuai standar Australia.

Ditambah, saat memasuki Australia turis tersebut tidak mendeklarasikan daging yang ia bawa pada dokumen deklarasi penumpang.

Sebelum daging rendang, ada juga turis dari Bali yang masuk ke Australia yang dikenakan denda Rp27 juta karena nggak sengaja membawa sandwich isi telur, serta sosis daging sapi dari daerah Bali.

Ada baiknya sebelum bepergian ke negara orang, kamu melakukan riset dulu secara mendalam. Jangan sampai kamu dideportasi atau bahkan kena denda puluhan juta hanya karena sesuatu yang kita anggap sebagai hal biasa.

Admin
Admin Admin membership www.pikirankristen.com || follow us https://linktr.ee/pikirankristen

Posting Komentar untuk "Gara-Gara Rendang, Turis Ini Kena Denda Puluhan Juta"